Pengalaman Mengenal Saham dan Bagaimana Cara Daftar Rekening Saham di BNI Sekuritas (Cara Daftar dan Deposit)

by - Saturday, August 14, 2021


Assalamu’alaikum teman-teman...

Apa yang kalian pikirkan saat pertama kali mendengar saham?

Mungkin beberapa dari kalian berpendapat bahwa saham itu penipuan (dikarenakan banyak sekali kasus penipuan investasi bodong) padahalkan kenyataannya investasi saham itu aman, jika kamu berinvestasi saham di sekuritas yang sudah diawasi oleh OJK. Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa enak ya investasi saham bisa untung ratusan ribu sampai ratusan juta hanya dalam beberapa bulan.

Dari dua pendapat tersebut, aku termasuk orang yang memiliki pendapat kedua. Aku ingat sekali saat tahun pertama aku kuliah, aku mengikuti UKM KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal). Setelah beberapa bulan aku bergabung aku mengetahui kalau KSPM yang ada di kampusku akan melakukan kunjungan ke IDX yang ada kota dimana aku kuliah. Akhirnya aku dan teman-temanku mengikuti kunjungan ke IDX kota Semarang.

(Wajah-wajah MABA banget ya sebelum mengenal makeup hahaha tapi fotonya sangat berkesan)

Yap disanalah aku mulai mengenal apa itu saham. Aku sangat antusias mendengarkan pembicara menyampaikan pengalamannya berinvestasi di saham. Sebagai orang awam yang tidak pernah mendengar apa itu berinvestasi saham, menurutku beliau sangat keren. Bagaimana bisa beliau mendapatkan keuntungan begitu besar hanya dengan berinvestasi di saham selama beberapa tahun dan bahkan beberapa bulan saja. Selain itu dengan menjadi investor saham, aku adalah pemilik perusahan tersebut (meskipun kepemilikannya sangat-sangat sedikit, pastinya senang sekali saat mendapat undangan RUPS di perusahan-perusahan besar).

Surat undangan RUPS ICBP

Kunjungan hari itu pun selesai dan aku langsung pulang ke kosan. Saat di kosan aku masih kepikiran apa yang disampaikan pembicara tadi. Kemudian aku cari di google “Bagaimana cara membuka rekening saham” dan aku menemukan langkah pertama yang harus aku lakukan adalah memilih sekuritas lalu membuka rekening saham di sekuritas tersebut. Banyak sekali pilihan sekuritas dan ini membuatku sangat bingung saat itu, gimana tidak bingung banyak banget pilihan sekuritas dan aku tidak tahu harus bertanya ke siapa (Saat itu orang-orang yang aku kenal dan teman-temanku belum ada yang mempunyai rekening saham).

Akhirnya aku mencari-cari informasi yang mendalam lagi dan ingat banget saat itu belum banyak influencer dan orang yang expert di saham yang sharing pengetahuannya di sosial media. Kalau sekarang mungkin hampir semua anak muda mengetahui apa itu saham, karena sudah banyak banget investor dan orang yang expert di pasar modal yang sharing di sosial media.

Satu tahun lebih sudah berlalu tetapi aku masih terus memikirkan dan penasaran akhirnya aku memberanikan diri untuk membuka rekening saham di BNI Sekuritas pada bulan Juli tahun 2018. Aku memilih BNI Sekuritas karena BNI Sekuritas adalah anak perusahaan BNI dan siapa sih yang tidak mengetahui Bank BNI, aku berfikir bahwa uangku akan aman di sekuritas itu. Selain itu BNI Sekuritas juga memberikan fee jual dan beli yang murah dan minimal deposit hanya Rp.100.000.

Cara membuka rekening efek di BNI Sekuritas

Ada 2 pilihan yang bisa kamu lakukan jika ingin membuka rekening di BNI Sekuritas

1. Offline, Kamu bisa langsung datang ke kantor cabang BNI Sekuritas yang ada di kotamu (BNI Sekuritas ya bukan Bank BNI). Setelah sampai di kantor BNI Sekuritas, kamu tinggal bilang ke CS nya bahwa kamu ingin membuka rekening BNI Sekuritas.

2. Online, menurutku ini adalah cara termudah karena kamu bisa membuka rekening secara full online dimanapun kamu berada dan tidak perlu datang ke kantor cabang.

Persyaratan membuka rekening efek BNI Sekuritas:

 Fotokopi KTP

Fotokopi NPWP

Fotokopi Halaman Depan Buku Tabungan

Jika kamu masih berstatus pelajar/mahasiswa

Fotokopi KTP

Fotokopi KTM

Fotokopi Halaman Depan Buku Tabungan

Fotokopi KTP Orang Tua (Sebagai Pemberi Dana)

Ada dua macam rekening efek yang bisa kamu pilih yaitu, rekening efek reguler dan syariah.

Apa perbedaan rekening efek yang regular dan syariah?

Apabila kamu adalah pemilik rekening efek reguler, kamu bisa membeli semua saham yang ada di BEI (Bursa Efek Indonesia). Sedangkan apabila kamu adalah pemilik rekening efek Syariah, kamu hanya bisa membeli saham-saham yang terdaftar di ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) dan JII (Jakarta Islamic Index). 

Cara Daftar full online menggunakan aplikasi Bions

1.   Download Aplikasi BIONS di Playstore atau Appstore > Pilih Register

2. Kemudian isi formulir dan upload dokumen-dokumen yang sudah di persyaratkan

3. Baca perjanjian dan centang lalu klik simpan

4. Kamu akan mendapat email dari BNI Sekuritas untuk menunggu proses pembukaan rekening yang membutuhkan waktu 5-7 hari kerja. Dan jika kamu menggunakan rekening selain Bank BNI kamu harus mengirim formulir dan dokumen-dokumen persyaratan ke kantor pusat BNI Sekuritas via pos/kurir.

5. Jika rekening efek kamu sudah jadi, kamu akan mendapatkan email seperti ini.

Rekening kamu sudah jadi, selamat yaa...

Cara Top Up atau deposit di BNI Sekuritas

Setelah mendapatkan email aktivasi RDI (Rekening Dana Investor) kamu, langkah selanjutnya adalah login menggunakan User ID dan Password yang sudah dikirim di email kamu

  1.    Kamu harus mengetahui RDI mu

  2.  Aku mencontohkan deposit menggunakan M-banking BNI

Buka M-banking > Transfer > BNI > isi rekening tujuan dengan nomor RDI kamu > masukkan nominal deposit > selesaikan transaksi hingga berhasil dan pastikan tujuan rekening adalah nama kamu 

   3. Tunggu hingga uangmu masuk ke RDI kamu.

    Berapa fee jual dan beli?

    Fee beli/ Fee buy : 0,17%

    Fee jual/ Fee sell : 0,27%

    Terimakasih sudah membaca blog ini...

You May Also Like

0 komentar